Inovasi Yang Telah Dilaksanakan

INOVASI YANG TELAH DILAKSANAKAN

1.      Pengembangan media pembelajaran melalui permainan tradisional melalui sarana sekolah
Saat ini, permainan tradisional sedidikit demi sedikit ditinggalkan, oleh karena itu, SDN Bareng 1 memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk melestarikan permianan tradisional, antara lain engklek, gobak sodor, dan egrang. Pembelajaran di sekolah khusunya diharapkan tidak hanya bersifat teoritik tetapi juga dapat mengenalkan media pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisonal, karena dalam permainan tradisional mempunyai nilai nilai pengetahuan yang seharusnya dilestarikan oleh guru. Permainan dapat digunakan sebagai media belajar untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan tertentu pada anak. Dalam penggunaan permainan tradisional sebagai media belajar dapat memberikan kenyamanan dan menumbuhkan kreatifitas siswa dalam belajarnya, permainan tersebut lebih diarahkan pada pemahaman konsep dan pemaknaan dibalik permainan tersebut terhadap pelajaran dapat menumbuhkan motivasi belajar dalam mencapai prestasi.

2.      Penerapan Pelajaran Tambahan atau Bimbingan Belajar dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik
              Bimbingan belajar dimaksudkan untuk memberikan bantuan kepada siswa agar dapat mengatasai masalah-masalah yang dihadapinya dalam belajar sehingga setelah melalui proses perubahan belajar mereka dapat mencapai hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuan. Peran Guru dalam hal ini adalah membantu murid dalam mengenal,menumbuh dan mengembangkan diri, sikap dan kebiasaan belajar yang baik untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan, serta dalam rangka menyiapkan kelanjutan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tujuan bimbingan belajar di SDN Bareng 1 antara lain: (1) Pengembangan sikap dan kebiasaan yang baik, tertuma dalam mengerjakan tugas dalam mengembangkan keterampilan serta dalam bersikap terhadap guru, (2) Menumbuhkan disiplin belajar dan terlatih, baik secara mandiri maupun berkelompok, dan (3) Mengembangkan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik, sosial dan budaya di lingkungan sekolah atau alam sekitar untuk pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan pribadi. Bimbingan belajar dilakukan mulai kelas 4 sampai dengan kelas 5. Pelaksanaan bimbingan belajar dilakukan setelah jam pembelajaran. Matei yang diberikan antara lain mengulang pembelajaran dan mengerjakan latihan-latihan soal.

3.      Pemasangan CCTV di sudut-sudut sekolah
Saat ini, CCTV yang dimiliki SDN Bareng 1 berjumlah 4 buah. Manfaat pemasangan CCTV tersebut antara lain: (1) mencegah atau mengidentifikasi penyusup/orang asing yang masuk, sehingga meningkatkan keamanan sekolah, (2) memantau setiap orang yang keluar masuk sekolah, (3) mencegah siswa dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti berkelahi, mencuri, dan lain-lain, (4) Memantau keamanan lingkungan (sudut-sudut) sekolah yang terjangkau.
  
4.      Sarana Mushola yang telah selesai tahap pembangunan
Mushola SDN Bareng 1 dubangun pada tahun 2013 dan selesai pada tahun 2016. Saat ini mushola yang dberi nama “Shirotul Jannah) telah selesai dibangun. Keberadaan musholla sangat bermanfaat bagi pembiasaan spiritual warga sekolah.

5.   Pembutan Raport UTS secara mandiri 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparansi penggunaan anggaran bosda dan bosnas sdn bareng 1

penggunaan anggaran bosnas dan bosda sdn bareng 1 pada tahun anggran 2019 sesuai diagram di atas