Program Unggulan Sekolah

Program Unggulan SD Negeri bareng 1



Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, SD Negeri Bareng 1 membuat program-program yang nantinya diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas lulusan sekolah ini. Berikut ini adalah program-program unggulan sekolah yang dimaksud.


1.      LESSON STUDY
Lesson study merupakan pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan. Lesson study di SDN Bareng 1 diterapkan dengan berbagai pembaharuan pembelajaran berdasarkan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi guru dan siswa di kelas. Lesson study dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu:
a.       perencanaan (plan);
b.      pelaksanaan (do); dan
c.       refleksi (see).
Langkah pertama dituangkan dalam bentuk rancangan pembelajaran atau rencana pelaksanaan pebelajaran (RPP). Langkah ke dua dalam lesson study adalah pelaksanaan pembelajaran (do) untuk menerapkan RPP yang telah dibuat oleh guru . Langkah ke tiga dalam lesson study yaitu refleksi pembelajaran (see) yang dilakukan setelah selesai pembelajaran. Kegiatan ini merupakan diskusi yang dipandu oleh kepala sekolah atau orang yang berwenang untuk membahas pembelajaran, misalnya guru inti atau fasilitator dari MGMP.

2.      PENDIDIKAN BACA TULIS AL-QURAN
Baca Tulis Al-Qur’an adalah bagian dari mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar yang diajarkan dengan tujuan agar anak dapat membaca dan menulis huruf Al-Qur’an dengan lancar dan benar. Menyadari pentingnya pendidikan Al-Qur’an bagi anak dan manfaat bagi yang mempelajarinya, menjadikan pembelajaran membaca Al-Qur’an menjadi suatu yang wajib diberikan di Sekolah Dasar. Guru Pendidikan Agama Islam harus menjadi ujung tombak keberhasilan Baca Tulis Al-Qur’an bagi siswa-siswinya. Disebut demikian karena membaca Al-Qur’an tidak hanya sekedar menghafal lambang-lambang bunyi yang disebut huruf, dalam Al-Qur’an menggunakan huruf hijaiyah, akan tetapi harus pula membelajarkan ilmu tajwid agar siswa mempu membaca dan menulis huruf Al-Qur’an dengan baik dan benar (tartil).

3.      PEMBINAAN SEKOLAH BERSIH DAN SEHAT
Sekolah bersih dan sehat di Sekolah adalah perilaku hidup semua warga sekolah yang memenuhi kriteria bersih dan sehat yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga warga sekolah mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.
Tujuan pembinaan sekolah bersih dan sehat sebagai berikut :
1.       Terciptanya sekolah yang bersih dan sehat sehingga peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah terlindungi dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit
2.       Meningkatnya semangat proses belajar-mengajar yang berdampak pada prestasi belajar peserta didik
3.       Citra sekolah sebagai institusi pendidikan semakin meningkat sehingga mampu menarik minat orang tua (masyarakat)
4.       Meningkatnya citra pemerintah daerah di bidang pendidikan
5.       Menjadi percontohan sekolah sehat bagi daerah lain
Indikator Sekolah Bersih dan Sehat di SDN Bareng 1 adalah sebagai berikut :
1.       Menjaga rambut agar bersih dan rapih
2.       Memakai pakaian bersih dan rapih
3.       Menjaga kuku agar pendek dan bersih
4.       Berolahraga secara teratur dan terukur
5.       Mengkonsumsi makanan sehat
6.       Tidak merokok di sekolah
7.       Tidak menggunakan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA)
8.       Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan secara berkala
9.       Menggunakan air bersih
10.   Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun
11.   Membuang sampah pada tempat sampah yang terpilah (sampah basah, kering, dan sampah bahan berbahaya)
12.   Menggunakan jamban yang bersih dan sehat sekolah
13.   Memberantas jentik nyamuk di sekolah secara rutin
Kegiatan lain yang dilakukan SDN Bareng 1 untuk melatih peserta didik hidup bersih dan sehat yaitu kerja bakti pada hari Jumat dan mengikuti kegiatan senam pagi pada hari Jumat dan Sabtu. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh siswa, namun guru-guru dan seluruh warga sekolah lainnya juga ikut berpartisipasi mengikuti kegitaan bersih dan sehat.

Selain itu tak lupa sekolah mempersiapkan kegiatan ekstrakurikuler guna mengembangkan bakat siswa SDN Bareng 1, berikut kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
  KOMPUTER
  PENDIDIKAN PRAMUKA
  SENI TERBANG JIDOR
  SENI TARI
  BULU TANGKIS
  FUTSAL
  CATUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparansi penggunaan anggaran bosda dan bosnas sdn bareng 1

penggunaan anggaran bosnas dan bosda sdn bareng 1 pada tahun anggran 2019 sesuai diagram di atas