PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK
TAHUN 2016 / 2017 ( 0 s.d.
1 TAHUN )
SDN BARENG 1 MALANG
A. Program Kurikulum
1.
Kurikulum 2013
a.
Merevisi Kurikulum Sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013 sesuai
dengan program kerja sekolah.
b.
Menyusun Kurikulum 2013 sesuai acuan Standar Pendidikan Nasional
2.
Menyusun Program Pengajaran Membuat program semester , satuan pengajaran
dan pengajaran dan rencana pengajaran
a.
Membuat program semester,
satuan pengajaran dan rencana pengajaran
b. Mengadakan ulangan harian
c. Mengadakan penilaian tengah semester dan
penilaian akhir tahun
d. Mengadakan try out untuk kelas VI dalam
menghadapi Ujian Sekolah
2.
Menyampaikan laporan kemajuan
Menyampaikan raport setiap selesai penilaian
3.
Program Remidian dan Pengayaan
Memberikan tambahan pelajaran
dan soal untuk siswa yang memerlukan bimbingan
4. KKM
Peningkatan
KKM sekolah menjadi 71. Berupaya dalam meningkatkan KKm kelas VI dalam enghadap
ujian sekolah menjadi 61.
5.
Ekstrakuikuler
a.
Memantapkan dan lebih
meningkatkan seluruh kegiatan ekstrakurikuler yang sudah berjalan pada tahun
pelajaran yang lalu
b.
Mengadakan ekstrakurikuler tambahan
seperti Ekstrakurikuler Komputer/TIK, dan Ekstrakurikuler Bahasa Inggris.
B.
Program Kesiswaan
1.
Penerimaan Siswa Baru
a.
Mengikuti jadwal Dinas
Pendidikan yang berlaku
b.
Jumlah siswa yang diterima untuk
siswa baru sebanyak 60 siswa.
c.
Kriteria penerimaan siswa
sesuai dengan kebijakan sekolah.
d.
Pelaksanaan oleh panitia PPDB
2.
Penyusunan kelas
a. Pendataan siswa lanjut dan siswa mengulang
b. Penyusunan kelas dan wali kelas
c. Persiapan daftar kelas, daftar hadir dan buku nilai
d. Pengaturan ruangan kelas
e. pengisian buku induk siswa
f.
Pembuatan buku klapper, dan
buku legger.
3.
Kegiatan hari pertama sekolah
a.
Upacara hari pertama disekolah
b.
Pengenalan Lingkungan Sekolah
bagi siswa baru
c.
Penyampaian aturan tata tertib
sekolah , cara belajar yang baik dan efektif ,dan penggunaan fasilitas sekolah
d.
Pelaksanaan
/penegakan aturan tata tertib sekolah
4.
Pembiasaan Kerohanian
a.
Berdo’a dan membaca
asmaul husna sebelum memulai pembelajaran.
b.
Mealaksanakan sholat
dhuhur dan sholat dhuha berjama’ah untuk kelas 4, 5, dan 6
c.
Mengajarkan zakat sejak
dini dengan cara beramal setiap hari selasa dan jum’at
d.
Melaksanakan kirab pada
hari besar keagamaan seperti kirab Ramadhan, kirab tahun baru hijriyah, dan
lain-lain
e.
Melaksanakan lomba-lomba
keagamaan seperti lomba membaca tartil, menghafal huruf hijaiyyah, dan
lain-lain.
f.
Melaksanakan istighosah
bersama wali murid kelas 6 setiap hari jum’at dan sabtu dalam rangka memohon
kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan ujian.
5.
Pembiasaan Sosial
a. Melakukan
kegiatan bakti sosial ke panti asuhan
b. Membantu
korban bencana alam, seperti peduli kelud, kebakaran, dan lain-lain
c. Menjenguk
teman yang sakit
d. Bertakziah
jika ada teman atau keluarga teman jika ada yang meninggal
e. Membantu
teman yang sedang kesusahan seperti meminjami pensil jika teman tidak membawa.
f.
Melakukan jumat bersih
g. Membiasakan
siswa menghargai perbedaan
h. Memberi salam, senyum
dan sapaan kepada setiap orang di komunitas sekolah.
i.
Guru
dan tenaga kependidikan datang lebih awal untuk menyambut kedatangan peserta
didik sesuai dengan tata nilai yang berlaku.
j.
Membangun
budaya bertanya dan melatih peserta didik mengajukan pertanyaan kritis dan
membiasakan siswa mengangkat tangan sebagai isyarat akan mengajukan pertanyaan
6.
Pembiasaan Pengetahuan
a. Setelah
berdoa’a menghafal perkalian bersama-sama untuk kelas 3, 4, dan 5
b. Melakukan
penambahan pembelajaran/bimbingan belajar setelah jam efektif sekolah untuk
kelas 4, 5, dan 6
c. Melakukan
evaluasi pembelajaran dalam bentuk tes tulis setiap akhir minggu seperti hari sabtu
atau menyesuaikan hari.
d. Melaksanakan
kegiatan remidi dan pengayaan
e. Peserta
didik wajib mendapatkan pembelajaran materi pramuka
7.
Sikap Ketrampilan
a. Dalam
pembelajaran siswa wajib mempunyai minimal 1 ketrampilan yang dikerjakan sesuai
pembelajaran
b. Melatih
siswa dalam keterampilan berkomunikasi, berbahasa, dan mengeluarkan pendapat.
c. Melatih
siswa membuat prakarya yang akan dipajang di kelas
C. Hubungan dengan Masyarakat
- Penyempurnaan pengurus Komite
- Melibatkan Komite Sekolah untuk merumuskan program sekolah
- Pertemuan dengan orangtua siswa dalam rangka penyampaian
program sekolah
- Pertemuan dengan orangtua siswa,
masyarakat sekitar dan instansi terkait dalam rangka program sekolah serta
perayaan hari-hari besar keagamaan dan hari-hari besar nasional
- Menjalin hubungan dengan perguruan tinggi, lembaga pendidikan
lain dan lembaga lainnya terkait
- Melaksanakan musyawarah sekolah
D.
Sarana dan Prasarana
a.
Biopori
Biopori
merupakan lubang resapan buatan, dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan
(diameter 10 sampai 30 cm dengan panjang 30 sampai 100 cm) yang ditutupi sampah
organik yang berfungsi sebagai penyerap air ke tanah dan membuat kompos alami. Biopori dimaksudkan untuk menampung
air hujan dan meresapkan kembali ke dalam tanah. Biopori memperbasar daya
tampung tanah terhadap air hujan, mengurangi genangan air yang salanjutnya
mengurangi limpahan air hujan turun ke sungai/selokan. Dengan demikian
mengurangi juga aliran dan volume air sungai ketempat yang lebih rendah.
b. Green House
Green House merupakan tempat khusus yang di sediakan untuk pemeliharaaan
tanaman – tanaman bunga atau tanaman yang tumbuh dengan ukuran kecil. Mafaat
dengan adanya green house di sekolah
yaitu antara lain : (1) sebagai media pembelajaran, (2) sebagai sarana
pembibitan tanaman, (3) Menanamkan
rasa sayang terhadap lingkungan , khususnya tumbuhan dan aneka bunga, (4) Menciptakan sekolah
hijau dan sehat.
c.
Pembenahan Ruang Kepala Sekolah
Pembenahan
sarana dan prasarana pendidikan adalah kegiatan untuk melaksanakan
pengurusan dan pengaturan agar semua sarana dan prasarana selalu dalam keadaan
baik dan siap untuk digunakan secara berdayaguna dan berhasil guna dalam
mencapai tujuan pendidikan. Pembenahan merupakan kegiatan
penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu ruang/barang, sehingga kondisinya
baik dan siap digunakan. Pemeliharaan mencakup segala daya upaya yang terus
menerus untuk mengusahakan agar ruangan tersebut tetap dalam keadaan baik.
Dalam hal in, pembenahan dikhususkan pada ruang kepala sekolah. Ruang Kepala
Sekolah merupakan tempat tujuan para tamu, sehingga ruang tersebut perlu adanya
pembenahan agar terlihat baik. Ada beberapa daerah-daerah dari ruang kepala
sekolah yang perlu diperbaiki antara lain : atap yang bocor, tembok yang
berjamur, dan tembok yang perlu di cat ulang.
d.
Penambahan LCD Proyektor
Saat ini ada 8 LCD Proyektor yang
dimiliki sekolah. Inovasi yang diharapkan yaitu nantinya semua kelas terpasang
LCD Proyektor agar pembelajaran lebih menyenangkan. LCD proyektor tersebut
berada di kelas 3A, 4A, 4B, 5A, 5B, 6A, 6B, dan ruang guru. Di SDN Bareng 1
memiliki 12 rombongan belajar, diharapkan nantinya bisa menambah 5 LCD
Proyektor.
e.
Pembuatan Papan Nama
Papan nama sekolah perlu dipasang
untuk menunjukkan identitas sekolah. Saat ini, SDN Bareng 1 belum memiliki
papan nama yang layak untuk identitas sekolah. Mengacu pada hal tersebut, maka
kepala sekolah perlu membuat atau mengadakan papan nama sekolah baru.
E. Tujuh K ( 7 K )
- Keamanan
-
Penjaga sekolah lebih
diaktifkan
-
menjaga dan memerhatikan
keamanan sekolah
- Ketertiban
- Meningkatkan peran wakil kepala sekolah
urusan kesiswaan
- Mengadakan pemeriksaaan rutin tugas guru,
pegawai pelakksana dan pembantu pelaksana
- Menerapkan saksi hukuman secara adil dan
benar menurut tata tertib terhadap para pelanggar
- Memberi pujian, hadiah dan hukuman
sebagaimana mestinya
- Mengadakan lomba atau tata upacara, lomba
kebersihan kelas dan lomba-lomba lainnya
- Kebersihan
-
Memberi peran siswa dalam
kebersihan di kelas dan taman
-
Mengatur jadwal piket siswa
dalam kebersihan
-
Mengadakan lomba kebersihan
kelas
-
Mengadakan kerja bakti siswa
atau Jum’at bersih
- Mengoptimalkan tugas pembantu pelaksana
atau petugas kebersihan
- Keindahan
-
Siswa menata kelasnya
masing-masing dengan memasang gambar-gambar pahlawan nasional dan lain-lain
-
Menetapkan program pertamanan
sekolah
-
Mencat kembali tombok yang
kotor dan kusam
- Kekeluargaan
-
Meningkatkan peran rukun warga SDN
Bareng 1
-
Meningkatkan peran koperasi di
sekolah
-
Mengadakan silaturrahmi dalam
acara idul fitri
- Mengadakan pertemuan-pertemuan
kekeluargaan sesama warga SDN Bareng 1
-
Mengunjungi keluarga yang sakit
- Penghijauan atau kerindangan
-
Merawat tanaman dan tumbuhan
yang sudah ada dengan babik
-
Menambah tanaman baru di lahan
yang masih kosong
- Kesehatan
-
Mengadakan kerjasama dengan
puskesman terdekat
-
Mengadakan dokter kecil
E.
Program Organisasi dan
Manajemen
-
Menyusun program kerja dan RAKS
tahun 2017 / 2018
- Menyampaikan dalam rapat struktur
organisasi sekolah
- Memberikan tugas kepada guru dalam rapat
pembagian tugas
-
Menyampaikan kepada guru uraian
tugasnya masing-masing
-
Menyempurnakan file guru,
karyawan, siswa, perlengkapan dan keuangan dalam upaya meningkatkan
administrasi sekolah
-
Mengadakan supervisi kelas
-
Memberikan penilaian kepada
karyawan
-
Mempelajari dan mengevaluasi
laporan pelaksanaan tugas guru dalam bentuk penilaian dan laporan lainnya.
-
Mengadakan rapat evaluasi setiap
bulan
-
Mengadakan pertemuan dengan
guru sejenis di sekolah khususnya pada permulaan tahun pelajaran
PROGRAM KERJA JANGKA MENENGAH
Tahun 2016/2017
s.d. 2020/2021 ( 1 s/d 4 TAHUN)
SDN BARENG 1 MALANG
A.
Kurikulum
1.
Melanjutkan pengadaan perangkat
kurikulum
2.
Pengadaan buku-buku pokok dan
penunjang
3.
Memantapkan pola PKG dalam
setiap KBM
4.
Meningkatkan professional guru
dalam menganalisa soal dan penialian
5.
Melaksanakan proses penilaian
sesuai dengan prosedur penilaian yang tetap
6.
Meningkatkan kemampuan guru
dalam menyusun program remidial dan pengayaan
7.
Meningkatkan kegiatan praktikum
yang meliputi :Penyiapan program dan jadwal kurikulum, penggunaan lembar kerja
siswa, penambahan bahan dan alat praktikum, dan pengawasan serta pemantauan
kegiatan praktikum.
8.
Supervisi kepala sekolah, yaitu
penyusunan program supervisi, penyiapan instrument supervisi, penunjukan guru
senior dan guru inti untuk membantu kepala sekolah melaksanakan supervise pada
guru-guru lainnya, pelaksanaan supervisi dan pelaporan hasil supervisi.
B.
Kesiswaan
1.
Perencanaan penambahan pagu
penerimaan siswa baru menjadi 70 siswa
2.
Peningkatan KKM pada setiap
kelas menjadi 71 untuk setiap mata pelajaran dan KKM Ujian Sekolah menjadi 61pada
setiap pelajaran yang diujikan.
3.
Pembiasaan Spiritual
a. Melaksanakan
sholat dhuha berjama’ah secara bergantian setiap kelas
b. Melaksanakan
sholat idul adha berjama’ah di sekolah
c. Melaksanakan
sholat jum’at berjam’ah di sekolah untuk kelas 4, 5, dan 6
4.
Pembiasaan Sosial
a.
Membuat kelompok-kelompok
belajar heterogen
b.
Melaksanakan kegiatan
bank sampah bekerja sama dengan dinas kebersihan setempat.
c.
Masyarakat bekerja sama
dengan sekolah untuk mengakomodasi kegiatan kerelawanan oleh peserta didik
dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar sekolah.
d.
Masyarakat dari berbagai
profesi terlibat berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa di dalam sekolah.
5.
Pembiasaan Pengetahuan
a. Membiasakan
pertemuan di lingkungan sekolah dan rumah untuk belajar kelompok yang diketahui
oleh guru dan orangtua.
b. Mengenalkan
beragam keunikan potensi daerah asal siswa melalui berbagai media dan kegiatan.
c. Membiasakan
penggunaan sumber daya sekolah (air, listrik, telepon, dsb) secara efisien
melalui berbagai kampanye kreatif dari dan oleh siswa.
d. Melaksanakan
inovasi metode pembelajaran
6.
Sikap Ketrampilan
a. Mengadakan
pameran karya siswa pada setiap akhir tahun ajaran dengan mengundang orangtua
dan masyarakat untuk memberi apresiasi pada siswa.
b. Membiasakan
setiap peserta didik untuk selalu berlatih menjadi pemimpin dengan cara
memberikan kesempatan pada setiap siswa tanpa kecuali, untuk memimpin secara
bergilir dalam kegiatan-kegiatan bersama/berkelompok;
C.
Perlengkapan/Sarana
Prasarana
1.
Pengadaan ruang kelas baru
2.
Pengadaan meja kursi belajar
siswa/kumputer
3.
Pengadaan meja kursi
guru/pegawai
4.
Mengadakan perbaikan mubeuler
yang rusak ringan ataupun berat
5.
Meningkatkan penataan dan
pemeliharaan tata ruang sekolah yaitu :
- Ruang kepala sekolah
- Ruang tata usaha
- Ruang guru
- Ruang laboraturium IPA
- Ruang perpustakaan
- Ruang kelas
- Ruang Musholla
- Kamar mandi/WC/guru/pegawai dan siswa
- Meningkatkan penataan dan pemeliharaan pertanaman dan halaman
sekolah.
6.
Meningkatkan penataan dan pemeliharaan pertanaman dan halaman sekolah
7.
Meningkatkan pemeliharaan keindahan/kerindangan kebersihan sekolah,
yaitu :
- Pengecatan gedung sekolah
- Penghijauan tanaman
- pengadaan perlengkapan kebersihan sekolah
- pengecatan dan pemeliharaan pagar serta tembok halaman sekolah
- Meningkatkan penataan dan
pemeliharaan sarana olah raga.
- Penambahan CCTV
- Penambahan LCD Proyektor
D.
Kepegawaian
1.
Mengadakan Pelatihan tentang
pemanfatan media pembelajaran
2.
Mengadakan Pelatihan Penyusunan
Indikator, Komptensi Dasar, dan soal-soal penilaian.
3.
Mengaktifkan kembali kegiatan
KKG mini di sekolah
4.
Mengusahakan kebutuhan Guru dan
Pegawai seusia dengan rasio/perbandingan jumlah siswa
Mengusahakan peningkatan kesejahtraan
Guru/Pegawai
PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG
( 4 s/d 8 TAHUN )
TAHUN 2016/2017
s.d. 2024/2025
SDN
BARENG 1 MALANG
A.
Bidang Kurikulum
1. Melanjutkan
Program Jangka Pendek dan Jangka Menengah mengenai :
a.
Pendalaman Silabus
b.
Pemantauan Kelengkapan
Administrasi
c.
Mengoptimalkan supervisi
d.
Meningkatkan Kwalitas Mutu
2. Mengupayakan tingkat kelulusan mencapai 100 %
3. Meningkatkan frekuensi keikutsertaan
sekolah dalam berbagai lomba ataupun kegiatan
4. Mengupayakan
kebuhtuhan guru selama kuantitatif, kualitatif dan berkelayakan
B.
Bidang Kesiswaan
1. Meningkatkan
kualitas input dengan seleksi yang ketat
2.
Mengefektifkan kegiatan hari
pertama sekolah
3.
Mengupayakan pengiriman siswa
ke berbagai lomba
4.
Terbentuknya team seni dan olah
raga yang handal
5.
Mengefektifkan nilai-nilai yang
dikembangkan disekolah
C.
Bidang Humas
1.
Melanjutkan Program Kerja
Jangka Pendek dan Menengah dalam hal kerjasama Stakeholder
2.
Mengefektifkan berbagai sumber
potensial yang ada
D.
Sarana dan Prasarana
1. Sumur
Resapan
Sumur resapan merupakan salah satu jenis sumur yang
secara alami muncul dan juga terbentuk karena bantuan dari resapan-resapan air
pada suatu lokasi atau daerah tertentu. Fungsi utama dari sumur resapan ini
adalah sebagai tempat menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah.
Manfaat yang dapat diperoleh dari pembuatan sumur resapan air di antaranya
adalah : (1) mengurangi aliran permukaan dan mencegah terjadinya genangan air
sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya banjir dan erosi, (2) dapat
menambah potensi air tanah karena disamping menampung dan mengalirkan, dapat
pula meresapkan sebagian air hujan kedalam tanah, sehingga dapat
membantu menjaga keseimbangan tata air dan menyelamatkan sumberdaya air untuk
jangka panjang, (3) dapat membantu mengurangi genangan banjir dan meluasnya
penyusupan air laut ke arah daratan. (4) mencegah penurunan atau amblasan lahan
sebagai akibat pengambilan air tanah yang berlebihan, dan mengurangi
konsentrasi pencemaran air tanah, (5) pembuatan sumur resapan juga dapat
menarik tenaga kerja dan proyek padat karya melalui program pemberdayaan
masyarakat, (6) cara pembuatan sumur resapan tidak memerlukan teknologi tinggi,
(7) dengan adanya pengaturan aliran air, diharapkan pencemaran air tanah dapat
ditekan serendah mungkin.
2.
Rehab Kelas
3.
Rehab Kantin danHalaman Kantin
Sekolah
E.
Ketatalaksanaan
a.
Melanjutkan Program Kerja
Jangka Pendek dan Menengah dalam rangka meningkatkan Keamanan, Ketertiban,
Kebersihan, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan Dan Kesejahtraan
b.
Terbentuknya Kopsis yang
kualitatif
c.
Tersedianya Kantin yang sehat
dan Standar
d.
Tersedianya Kantin Kejujuran
F.
Program Organisasi dan
Manajemen
a.
Melanjutkan Program Kerja
Jangka Pendek dan Jangka Menengah
Meningkatkan Kesejahtraan Guru/Pegawai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar