KELAS 6A KUNJUNGAN KE MUSEUM BRAWIJAYA DALAM RANGKA MEMBUAT LAPORAN INVESTIGASI










MUSEUM BRAWIJAYA

MUSEUM Brawijaya di resmikan pada 4 Mei 1968 Balai kota Museum Brawijaya dilihat dari pesawat udara Malang Maret 1994.
Pil Rampasan Operasi Seroja 1975 Tim Tim Meriam LX. Arenal Real Doexercito diterima dari Tim Tim Tahun 1980,Riwayat senjata hasil rampasan dari Portugis pada waktu Operasi Seroja pada tahun 1975-1976,Meriam ini masih dapat di gunakan.
Mesin Komputer Unit Recort 113M 402 Mulai digunakan oleh kudam Vlll/Brawijaaya tanggal 27 oktober 1966, masuk Museum Brawijaya tanggal 3 Januari 1977. Komputer type 402 berfungsi untuk memperhitungkan data data pada kartu yang kemudian dicetak sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang di inginkan.Komputer type 519 berfungsi untuk membuat lubang pada satu kelompok yang sama secara otomatis, memberikan kembali kartu kartu edit, menghasilkan kartu kartu baru dari hasil penjumlahan /pengurangan mesin type 402.parasit pada tgl 26 april 1962 penerjunan penerjunan TNI mendarat di Merauke, Irian Barat dan terjadilah pertempuran dengan militer Belanda, parasit ini ditemukan oleh penduduk dihutan membukteb, Merauke, Irian Barat dan diserahkan kepada 531/R.Gembong Maut adalah salah satu diantara tiga Gerbong Maut yang pernah digunakan oleh Militer Belanda untuk mengangkut 100 orang tawanan pejoang pejoang Indonesia, dari penjara Bondowoso pindah ketempat tahanan burutan Surabaya tanggal 23 November 1947 karena diperjalanan pintu pintu ditutup/dikunci mengakibatkan 46 orang meninggal, 11 orang sakit parah,31 orang sakit,12 sehat.
Museum Brawijaya banyak menyimpan monumen monumen bersejarah jaman dahulu yang dapat diketahui oleh semua pengunjung terutama para pelajar agar mereka memahami sejarah perjuangan para pahlawan zaman dahulu.                            
NAMA: SITI MARIYATUL Q
KELAS:Vl a

No.Absen:20





KUNJUNGAN KE MUSEUM BRAWIJAYA

Museum Brawijaya diresmikan pada 4 Mei 1968 .Didalam Museum tersebut terdapat banyak sekali bukti-bukti peninggalan sejarah antara lain,yaitu : Mesin Komputer Unit Record 113M 402,Patung Raden Wijaya,Gerbong Maut,Buku-buku sejarah yang terdapat pada perpustakaan .
Mesin Komputer Unit Record 113M 402 mulai digunakan oleh Kodam 8/Brawijaya tanggal 27 Oktober 1966 dan masuk museum Brawijaya pada tanggal 3 Januari 1977 .Mesin Komputer Unit Record 113M 402 berfungsi untuk memperhitungkan data-data pada kartu yang kemudian dicetak sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan .
Raden Wijaya adalah Raja Majapahit yang berhasil mempersatukan seluruh wilayah nusantara dan bergelar Prabu Brawijaya dan nama tersebut dijadikan nama Kodam 8 Brawijaya.
Gerbong Maut yang ada di Museum Brawijaya merupakan salah satu diantara tiga Gerbong Maut yang pernah digunakan Militer Belanda untuk mengangkut 100 orang tawanan atau tahanan pejuang-pejuang Indonesia , dari penjara Bondowoso dipindah ketempat tahanan Bubutan,Surabaya pada tanggal 23 November 1947 karena diperjalanan pintu-pintu ditutup atau dikunci mengakibatkan para pejuang Indonesia meninggal:46 orang, sakit parah:11 orang,sakit:31 orang, dan yang sehat hanya ada 12 orang


Nama                  :       Anisa Athifa
No.Absen            :       07






BERKUNJUNG KE MUSEUM BRAWIJAYA
1.   Bejana besi : berbentuk pengayuh air (bhs Jawa sewur) berasal dari Portugal , merupakan  salah satu peralatan pabrik.
2.   Senjata Psu Machine Gun Browning : senjata hasil rampasan dari satuan Brawijaya waktu menumpas PRRI / PERMESTA di  Sulawesi utara.
3.   Mesin computer unit record : mulai digunakan oleh Kodam VIII / Brawijaya tgl 27 Oktober 1966.
4.   Raden Wijaya : Raja Majapahit yang berhasil mempersatukan seluruh wilayah nusantara dan bergelar Prabu Brawijaya dan nama tersebut dijadikan nama Kodam VIII Brawijaya.
5.   Gerbong maut : Salah satu diantara gerbong maut yang pernah digunakan oleh militer Belanda untuk mengangkut 100 orang tawanan pejuang Indonesia dari penjara Bondowoso pindah ke tempat tahanan bubutan Surabaya tgl 23 – 11-1947 karena diperjalanan pintu – pintu di tutup mengakibatkan
Meninggal      :       46 orang
Sakit parah     :       11 orang
Sakit                :       31 orang
Sehat               :       12 orang (Dimas Abimanyu)


Berkunjung ke museum brawijaya

Helem tembus peluru pernah di gunakan koptu mindani anggota yon 512 di atsanbe (TIMOR TIMUR) dan tgl 11-2-1976 terkena tembakan lawan namun bersangkutan hanya luka ringan
Komputer type 519 berfungsi untuk membuat lubang suatu kelompok
Salah satu di antara 3gerbong maut yang pernah di gunakan militer belanda untuk mengangkut 100 orang . Tawanan pejuang-pejuang Indonesia dari penjara bondowoso pindah ketempat tahanan bubutan Surabaya tgl 23-11-1947 karena dipenjarakan. pintu pintu di tutup atau dikunci mengakibat kan
Meninggal        : 46 org
Sakit parah       : 11org
Sakit                  : 31org
Sehat                  : 12org  (M. FEBRIANSYAH)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparansi penggunaan anggaran bosda dan bosnas sdn bareng 1

penggunaan anggaran bosnas dan bosda sdn bareng 1 pada tahun anggran 2019 sesuai diagram di atas